Inilah Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesehatan dan Konsentrasi Otak Anda

sumber gambar: manorsurgery.co.uk

Inilah sedikit ulasan tentang makanan yang dapat menambah konsentrasi dan tentunya sangat baik bagi tubuh terutama untuk otak.


Kacang-kacacangan, ikan, berries atau kafein. Anda sering mendengarkan desas-desus tentang makanan suplemen dan diet, dan anda mungkin akan percaya mereka dapat melakukan segala hal mulai dari mempertajam konsentrasi, meningkatkan daya ingat dan juga fungsi otak.

Tapi apakah mereka benar-benar bekerja? kita tidak dapat mempungkiri seiring bertambahnya usia, usia tubuh kita sama dengan kita. Kabar baiknya adalah anda dapat meningkatkan peluang anda untuk mempertahankan kesehatan otak jika anda menambahkan makanan dan minuman cerdas ke makanan anda.

1.Kafein
Ya benar kafein, bisa membuat anda lebih waspada tidak ada benda ajaib untuk meningkatkan IQ atau membuat anda lebih pintar - namun zat tertentu seperti kafein dapat memberi energi kepada anda dan membantu anda berkonsentrasi. Dapat ditemukan di kopi, coklat, minuman energi dan beberapa obat. Kafein juga memberi anda tetap terjaga di malam hari yang tak diragukan lagi meski efeknya bersifat jangka pendek.

Note: Berlebihan mengonsumsi kafein itu bisa membuat anda gelisah dan tidak nyaman.

2.Gula
Gula bisa meningkatkan kewaspadaan.Gula adalah sumber bahan bakar yang disukai otak yaitu glukosa, yang diproses tubuh anda dari gula dan karbohidrat yang anda makan. Itulah sebabnya segelas jus buah lain dapat memberikan dorongan jangka pendek untuk memori, pemikiran dan kemampuan mental.

Note: Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menggangu ingatan. Dan juga gula sangat dikaitkan dengan penyakit jantung dan kondisi lainnya.

3.Makan sarapan
Sarapan pagi untukbahan bakar otak anda dan anda sering tergoda untuk melewatkan sarapan pagi? studi telah mejawab bahwa sarapan pagi dapat memperbaiki ingatan dan pikiran jangka pendek. Siswa yang sarapan pagi cenderung tampil lebih baik dari mereka yang tidak. Sarapan pagi seperti makanan berserat tinggi, biji-bijian, susu dan buah-buahan berada di bagian atas daftar bahan bakar otak.

Note: Jangan makan terlalu banyak peneliti juga menemukan sarapan berkalori tinggi juga dapat berdampak menghambat konsentrasi.

4.Ikan
Ini benar-benar makanan sumber protein bagi otak yang dapat meningkatkan kemampuan otak yang hebat karena ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan kunci kesehatan otak. Lemak sehat ini memiliki dorongan bagi otak yang menakjubkan. Diet dengan mengonsumsi ikan yang lebih banyak telah membuktikan penurunan risiko demensia dan stroke dan penurunan mental yang lebih lambat. Selain itu, mereka mungkin memainkan peran penting dalam meningkatkan ingatan terutama saat kita bertambah tua.

Note: Untuk kesehatan otak dan jantung makanlah dua porsi ikan setiap minggu.

5.Tambahkan kacang-kacangan dan cokelat
Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan vitamin E yang baik, yang telah dikaitkan dalam beberapa penelitian hingga penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Cokelat hitam juga memiliki sifat antioksidan kuat lainnya, dan ini mengandung stimulan alami seperti kafein yang dapat meningkatkan fokus.

Note: Nikmati hingga satu ons kacang dan coklat hitam untuk mendapatkan semua manfaat yang anda butuhkan dengan kalori, lemak atau gula dengan kadar yang sedikit.

6.Alpukat dan biji-bijian utuh?
Setiap organ dalam tubuh bergantung pada aliran darah terutama jantung dan otak. Diet tinggi whole grain dan buah-buahan seperti alpukat bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Hal ini mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, ini merupakan cara sederhana dan lezat untuk mengaktifkan sel otak.

Biji-bijian utuh seperti popcorn dan whole wheat dapat memberi kontribusi serat makanan dan vitamin E. Meskipun alpukat memiliki lemak, lemak baik monokatur tak jenuh tunggal yang membantu aliran darah sehat.

7.Blueberry apakah Super Bergizi
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat mengurangi dampak kondisi terkait usia seperti penyakit alzheimer atau demensia. Studi juga menunjukkan bahwa makanan yang kaya blueberry memperbaiki fungsi belajar, otot dan juga penuaan. Mengonsumsinya secara teratur tampak seperti jauh lebih muda.

8.Diet Sehat
Ini mungkin terdengar basi tapi memang benar, jika diet anda tidak mengandung nutrisi penting anda bisamerusak kemampuan anda untuk berkonsentrasi. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit juga bisa mengganggu fokus anda. Makanan yang berat bisa membuat anda merasa lelah sementara terlalu sedikit kalori bisa menyebabkan rasa lapar yang mengganggu. Tetapi upayakan diet seimbang dengan beragam makanan sehat dapat memperbaiki pencernaan dan tubuh anda.

9.Vitamin, Mineral, dan Suplemen?
Rak toko mengerang dengan suplemen yang mengaku bisa meningkatkan kesehatan. Meskipun banyak laporan mengenai suplemen penguat otak seperti vitamin B, C, E, beta-karoten dan magnesium yang menjanjikan, suplemen hanya berguna untuk orang-orang yang dietnya kekurangan nutrisi spesifik.


Beberapa peneliti dengan optimis berhati-hati tentang kombinasi ginseng, vitamin, mineral dan herbal memiliki dampak pada otak namun masih banyak bukti yang masih diperlukan.

Tetapi lebih baik tanyakan pada dokter anda terlebih dahulu.

10.Bersiaplah untuk Hari Besar
Ingin meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi? mulailah dengan sajian jus buah 100%, roti utuh dengan salmon dan secangkir kopi. Selain makan makanan seimbang para ahli juga menawarkan saran ini; tidur nyenyak,tetap terhidrasi, dan berolahraga akan membantu mempertajam pemikiran anda, bermeditasi untuk berpikir jernih dan rileks.

Diansir dari laman webmd.com

Comments

Popular posts from this blog

Faktor dan Penyebab Terjadinya Depresi

Fakta dan Ciri Kenapa Anda Sulit Hamil

Cara Tetap Diet Walaupun Sedang Ngidam